manfaat sunat untuk pria
Sunat selain karena alasan agama dan budaya ternyata menyimpan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Sebenarnya apa saja manfaat sunat untuk kesehatan?

Sebelum kita membahas mengenai manfaat sunat laser, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu sunat? Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menutupi kepala penis atau ujung penis. Di Indonesia, sunat biasanya dilakukan saat anak laki-laki masih remaja atau saat masih duduk di sekolah dasar. Perlu Anda ketahui bahwa sunat tidak akan mempengaruhi tingkat kesuburan seorang pria.

Kenapa Harus Dilakukan Sunat?

Berdasarkan penelitian secara medis di Klinik Gracia Cideng, terdapat banyak sekali manfaat sunat yang akan Anda dapatkan, antara lain yaitu:

Berkurangnya resiko untuk tertular infeksi penyakit seksual

Orang yang telah menjalani sunat pada umumnya akan mengalami sedikit resiko untuk terkena berbagai macam virus infeksi penyakit seksual seperti Human papilloma virus (HPV), herpes, penyakit raja singa serta beberapa penyakit menular seksual lainnya. Meskipun seseorang yang telah sunat sangat kecil resikonya terkena penyakit menular seksual, namun harus tetap melakukan hubungan seksual yang aman dan sehat.

Mencegah penyakit pada penis

Penis yang tidak disunat meningkatkan resiko untuk terkena peradangan pada kepala atau kulup penis sehingga menyebabkan penyakit fimosis. Fimosis merupakan kondisi dimana kulup penis yang tidak disunat sulit untuk ditarik.

Berkurangnya resiko terinfeksi saluran kemih

Orang yang tidak melakukan sunat dapat mengalami masalah pada ginjalnya. Jika seseorang sudah mengalami masalah pada ginjal, maka akan memicu terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Berkurangnya resiko terkena kanker penis

Kanker penis menurut penelitian, banyak dirasakan oleh para pria yang tidak melakukan sunat.

Mengurangi resiko penyebab kanker serviks pada pasangan

Penelitian menunjukkan fakta bahwa jika pasangan pria telah melakukan sunat, maka resiko seorang wanita untuk terkena kanker serviks semakin kecil.

Menjaga kesehatan penis

Penis yang telah disunat ternyata lebih mudah untuk dibersihkan, sehingga kesehatan organ intimnya lebih terjaga apabula dibandingkan dengan pria yang tidak melakukan sunat.

Kapan seharusnya sunat dilakukan?

Sunat dapat dilakukan setelah bayi dilahirkan, namun hal ini sangat jarang dilakukan di Indonesia. Masyarakat Indonesia pada umumnya akan melakukan sunat pada anak-anaknya setelah anak tersebut duduk di sekolah dasar. Kebanyakan orang tua beranggapan bahwa pada usia tersebut, anak sudah mampu untuk menoleransi rasa sakit yang timbul dibandingkan saat masih bayi atau balita.

Namun sunat dapat dilakukan apabila terjadi penyakit tertentu atau resiko tertentu dimana jika tidak melakukan sunat, maka akan mengalami masalah saat usia dewasa nanti. Oleh karena itu jarang sekali para orang tua yang melakukan sunat pada saat usia sang anak masih dalam usia kecil kecuali jika dalam keadaan terpaksa.

Itulah beberapa manfaat sunat, semoga artikel ini menjadikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menginginkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kami secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.