Penyebab Sering Buang Air Kecil

Kenapa Sering buang air kecil?  Ini bisa disebabkan karena kita terlalu banyak minum air ataupun karena kondisi medis tertentu yang tidak boleh kita disepelekan. Berapakah normalnya orang buang air kecil dalam sehari?  orang buang air kecil dalam sehari adalah 4-8 kali atau sebanyak 1-1,8 liter. Dan apabila buang air kecil melebihi frekuensi normal untuk waktu yang lama dapat mengindikasikan berbagai kondisi medis tertentu.

Oke, Berikut ini adalah beberapa kondisi l serta gejala lainnya:

  • Infeksi saluran kemih. selalu ingin buang air kecil sampai tidak tertahan yang diiringi demam dan rasa tidak enak atau nyeri pada daerah perut, bisa menjadi pertanda infeksi saluran kemih.
  • Kandung kemih terlalu aktif, kondisi di mana otot kandung kemih berkontraksi secara tiba-tiba sehingga menyebabkan ingin buang air,
  • Infeksi ginjal. Selain seringnya buang air kecil, gejalanya antara lain adalah sakit punggung, sakit di pangkal paha, merasa mual, muntah, diare, demam, serta gemetaran. Batu ginjal. Ini merupakan batu mineral yang terbentuk di dalam kandung kemih.
  • Pada awal kehamilan, juga bisa penyebab sering buang air kecil.
  • Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang tidak normal. Akibatnya, kandung kemih menjadi mudah berkontraksi bahkan ketika hanya ada sedikit urine, ngga sering muncul rasa ingin buang air kecil.
  • Meminum obat-obatan diuretik, yaitu obat untuk tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan di ginjal. Obat ini akan membuang cairan yang lebih di dalam tubuh, mengakibatkan penyebab sering buang air kecil
  • Stroke atau penyakit saraf. Kerusakan pada saraf yang berkaitan dengan fungsi kandung kemih dapat memicu penyebab sering buang air kecil.

Cara Pengobatan secara alami adalah:

  • Selama kurang lebih 12 minggu melatih kandung kemih dengan cara yang sangat gampang, yaitu mengendalikan jarak waktu buang air kecil. Hal ini dapat mengurangi jarak buang air kecil serta melatih kandung kemih untuk menyimpan urine lebih lama.
  • Senam kegel dapat membantu menguatkan otot di sekitar kandung kemih, dan mengendalikan kandung kemih, ini dapat dilakukan dengan latihan pada panggul selama lima menit. Dan lakukan latihan ini setidaknya tiga kali dalam sehari.
  • Mengubah pola makan dan minum, seperti menghindari minuman keras, kafein, soda, tomat, cokelat, makanan pedas, serta pemanis buatan. Perbanyaklah mengonsumsi makanan kaya serat dan cukupi kebutuhan air putih,
Jika Anda mencurigai adanya penyebab seringnya buang air kecil yang dialami disebabkan oleh kondisi medis tertentu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter anda. Terlebih lagi, ketika terdapat darah pada urine atau urine berwarna keruh.