Selaput Dara

Di Indonesia pernah terjadi kehebohan tentang selaput darah. Apa saja itu?

Keperawanan merupakan ukuran seorang wanita yang sudah memasuki masa puberitas, setelah memasuki masa menstruasi. Ada juga yang mengatakan wanita yang perawan merupakan wanita yang sudah memasuki usia 12-15 tahun. Tetapi masih banyak yang beranggapan bahwa wanita yang perawan masih memiliki bentuk selaput dara yang utuh di vaginanya.

Mitos tersebut cukup berkembang di Indonesia, perawan haruslah berdarah dan perawan menjadi sebuah barometer laki-laki di Indonesia untuk mendapatkan istri yang masih perawan. Banyak laki-laki yang enggan untuk menikahi wanita karena sudah pernah melakukan hubungan seks bebas atau free sex.

Pernyataan tersebut hingga saat ini masih banyak kita temui, karena masyarakat percaya wanita perawan adalah wanita yang masih memiliki selaput dara utuh. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika selaput darah sudah tidak utuh? Tetapi ia ingin mendapatkan selaput dara yang masih utuh ketika menjalani malam pertama dengan suaminya.

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh masyarakat luas mengenai selaput dara itu sendiri. Pertama, selaput dara setiap wanita itu berbeda-beda, tidak ada yang tahu mengapa hal ini terjadi. Namun saat lahir wanita memang sudah memiliki selaput dara. Kedua, selaput dara wanita akan rusak ketika memasuki usia dewasa, mengapa?

Ketika memasuki usia dewasa, seorang wanita tentunya akan melakukan berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas yang ringan hingga aktivitas yang berat sekaligus. Pada aktivitas yang berat, seperti olahraga, selaput dara wanita bisa saja koyak dan rusak. Apa lagi selaput dara memiliki ukuran yang sangat tipis, sehingga mudah rusak.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika selaput dara rusak? Memang tidak ada cara yang alami untuk mengembalikan selaput dara yang sudah rusak. Tetapi diberbagai Negara maju, ternyata selaput dara bisa dikembalikan dengan cara operasi. Hal inilah yang pernah menjadi perbincangan heboh di Indonesia.

Hal Unik Di Indonesia Tentang Selaput Dara

Mungkinkah operasi selaput dara dilakukan? Perkembangan zaman membuat dunia medis pun ikut berkembang. Tidak kecuali dengan proses mengembalikan keperawanan wanita. Ternyata di Indonesia, ‘mengembalikan’ wanita ke masa ‘ting ting’ sudah pernah dilakukan oleh seorang artis terkenal di klinik, yakni Dewi Persik atau artis yang akrab disapa DP ini dengan operasi selaput dara.

Meskipun menjadi pro dan kontra terhadap DP yang melakukan operasi keperawanan sekitar tahun 2011. Apa yang dilakukan oleh DP akhirnya menjadi perbincangan berbagai pihak di Indonesia. Memang tidak diketahui alasan apa yang membuat penyanyi dangdut tersebut mau mereparasi keperawanannya itu.

DP beralasan operasi tersebut dilakukan untuk bermain film yang akan di bintanginya saat itu yaitu ‘Pacar Hantu Perawan’ dan dari operasi tersebut DP mendapatkan uang Rp 1 Miliar. Hal itulah yang mendasari DP untuk melakukan operasi keperawanan yang dilakukan di Mesir.

Setelah DP melakukan operasi tersebut banyak orang yang ingin melakukan operasi yang sudah dilakukan oleh DP. Di Indonesia operasi keperawanan memang belum diketahui, apakah sudah banyak dilakukan atau tidak. Hingga DP melakukan reparasi dengan terbang jauh ke benua lain.

Hal unik lainnya tentang keperawanan dan selaput dara lainnya terjadi pada akhir tahun 2012. Pada saat itu, di Indonesia heboh mengenai seorang Bupati yang menceraikan istrinya melalui SMS setelah sekitar empat hari menikah. Bupati tersebut yaitu, Aceng Fikri yang pada saat itu menjabat sebagai Bupati Garut, Jawa Barat. Tentunya hal ini menjadi kehebohan yang cukup besar di Indonesia bahkan dunia.

Apa lagi alasan si Bupati ini tidaklah logis, selain menceraikan istrinya melalui SMS, si Bupati mengatakan kalau istrinya sudah tidak perawan. Hal itu diungkapkan oleh Aceng karena saat malam pertama si istri tidak berdarah (dari vagina).

Unik memang, sekelas bupati tidak mengetahui arti dan makna dari ‘Keperawanan’. Bahkan hanya karena hal sepele yakni tidak keluarnya darah dari vagina disebut sebagai tanda seorang wanita sudah tidak perawan. Para ahli medis pun membantah hal tersebut.

Itulah dua hal unik tentang selaput dara yang pernah terjadi di Indonesia. Memang hingga saat ini selaput dara masih menjadi ukuran seseorang masih perawan atau tidak. Padahal ahli medis telah mengungkapkan, keperawan tidak hanya bisa dilihat dari keutuhan selaput dara si wanita.